Kelebihan novel yang khas terletak pada kemampuannya menyampaikan permasalahan yang kompleks secara penuh. Hal itu berarti, menganalisis novel menjadi lebih mudah, sekaligus lebih sulit dari menganalisis cerpen. Ia lebih mudah karena tidak menuntut kita memahami masalah yang kompleks dalam waku sedikit. Sebaliknya, ia lebih sulit karena berupa penulisan dalam skala yang besar yang berisi unit organisasi atau bangunan yang lebih besar dari pada cerpen. Hal di maksud di paparkan berikut ini.

1. Latar. Pelukis latar novel dapat saja melukiskan keadaan latar secara terperinci sehingga dapat memberikan gambaran lebih jelas, konkret, dan pasti. Walaupun demikian, cerita yang baik hanya akan melukiskan detail-detailtertentu yang dipandang perlu.

2. Penokohan. Tokoh-tokoh cerita novel biasanya ditampilkan secara lebih lengkap, misalnya yang terhubung dengan ciri-ciri fisik, tingkah laku, sifat dan kebiasaan, serta hubungan antartokoh, baik yang dilukiskan secaralangsung maupun tidak langsung. Semua itu, tentu saja akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan konkret mengenai keadaan para tokoh. Itulah sebabnya tokoh-tokoh cerita novel dapat lebih mengesankan.

3. Alur. Berhubung dengan ketidakterikatan pada panjang cerita yang meberi kebebasan kepada pengarang, umumnya novel memiliki lebih dari satu alur; terdiri atas satu alur utama dan subalur. Alur utama berisi konflik utama yang menjadi inti persoalan yang di ceritakan sepanjang karya itu, sedangkan subalur merupakan konflik-konflik tambahan yang sifatnya menopang,  meperjelas dan mengintensifkan konflik utama yang sampai ke klimaks. Alur-alur tambahan atau subalur itu berisi konflik-konflik yang mungkin tidak sama kadar kepentinganatau peran terhadap alur utama. Setiap subalur berjalan sendiri, sekaligus dengan penyelesaian yang sendiri pula, yang tetap berkaitan satu dengan yang lain dan tetap dalam hubunan dengan alur utama.

4. Tema. Dalam novel diungkapkan berbagai masalah kehidupan yang semunya akan disampaikan pengarang. Namun, sebagaimana peran subalur terhadap alur utama, tema-tema tambahan itu bersifat menopang dan berkaitan dengan tema utama untuk mencapai efek kepaduan.

semoga artikel ini bermanfaat bagi agan dan teman-teman sekalian :)

About these ads