Menurut Aku inilah presiden yang mementingkan Negara dan Rakyatnya bagaimana tidak presiden yang satu ini sangat sederhana dalam menjalankan aktivitasnya baik menjadi kepala rumah tangga dan Tentu saja Presiden, coba saja presiden indonesia kayak gini di jamin rakyat akan senang dan sejahtera tapi mungkin itu cuman mimpi belakang, jadi mari kita lihat kehiduppan presiden irak yang satu ini. :)

Seorang Presiden akan mendapatkan perlakuan yang istimewa, kekuasaan dan kehormatan yang tinggi. Dan pasti lah untuk menjadi seorang presiden membutuhkan modal uang kampanye yang tak sedikit. Karena itu kebanyakan yang menjadi presiden adalah orang berpunya. Lalu saya berpikir, adakah presiden yang miskin?hhehe. Ternyata ada kawan,. Dialah Mahmoud Ahmadinejad Presiden ke 6 Iran.

Terlepas dari isu tentang nuklir, kerusuhan, kemiskinan dan korupsinya yang tinggi Ian pernah mempunyai presiden yang sangat sederhana dan patut diteladani yaitu Mahmoud Ahmadinejad.
Nama : Mahmoud Ahmadinejad

Tempat / Tanggal lahir : Aradan, Iran / 28 Oktober 1956
Status : Menikah
Menjabat sebagai Presiden Iran ke : 6
Pendidikan  : Gelar Doktor dalam bidang teknik dan perencanaan lalu lintas dan transportasi Universitas Sains dan Teknologi Iran (IUST)
Ia lahir dengan nama Mahmoud Sabourijan ayahnya adalah seorang pandai besi dan pengikut ajaran Syi’ah yang taat dan ibunya, khanom, dikatakan memiliki hubungan darah dengan Nabi Muhammad SAW. Keluarga Ahmadinejad pindah ke Teheran, Iran pada saat dia berusia 1 tahun. Nama ‘Sabourijan’ diganti menjadi ‘Ahmadinejad’ oleh ayahnya untuk menghindari konflik di tempat tinggal barunya.
  • 1980 : Ketua IUST untuk perkumpulan mahasiswa se Iran. Juga terlibat dalam penndirian kantor untuk Pereratan Persatuan. Organisasi mahasiswa yang berada di balik perebutan Kedubes Amerika Serikat yang mengakibatkan terjadinya peristiwa “krisis sandera Iran”.
  • 1986 : Bergabung dalam Korps Pengawal Revolusi Islam pada masa perang saudara. Kemudian diangkat menjadi insinyur kepala pasukan keenam korps dan kepala sataf korps di bagian barat Iran.
  • 1993-1997 : Setelah perang bertugas sebagai wakil gubernur dan gubernur Maku dan Khoy, Penasehat Menteri Kebudayaan dan Ajaran Islam, dan gubernur provinsi Ardabil.
  • 2003 : Menjadi Walikota Teheran,
  • 2005 : Menjadi Presiden setelah memenangkan 62% suara pemilu mengalahkan lawannya Ahmad Hashemi Rafsanjani. Kemenangan ini sangat mengejutkan mengingat keenam lawannya adalah tokoh ulama dan politik yang memiliki sumber dana besar.
Dikenal sebagai sosok sederhana, konsevatif dan berpegang teguh akan agamanya, pidato da kta-katanya sering pedas dan kontroversial apalagi meyangkut Amerika oleh karena itu ia tidak disukai kalangan politikus barat terutama Amerika. Juga dikenal tokoh anti-gay.
Kesederhanaannya masih dipertahankan setelah menjadi Presiden, inilah contoh kesederhanaan Ahmadinejad :
  1. Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan Ia menyumbangkan seluruh karpet Istana Iran yang sangat tinggi nilainya itu kepada masjid-masjid di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.
  2. Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive.
  3. Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.
  4. Di bawah kepemimpinannya, saat ia meminta menteri-menteri nya untuk datang kepadanya dan menteri-menteri tersebut akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan-arahan darinya. Arahan tersebut terutama sekali menekankan para menterinya untuk tetap hidup sederhana dan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya akan diawasi, sehingga pada saat menteri-menteri tersebut berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak.
  5. Langkah pertamanya adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu-satunya uang masuk adalah uang gaji bulanannya.
  6. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250.
  7. Meskipun sudah menjabat sebagai Presiden masih tinggal di rumahnya. Hanya itulah yang dimilikinya seorang presiden dari negara yang penting baik secara strategis, ekonomis, politis, belum lagi secara minyak dan pertahanan. Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.
  8. Ia meolak menggunakan mobil presiden yang disediakan dan tetap memilih menggunakan mobil Peugeot 504 produksi tahun 1977 miliknya.
  9. Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yg selalu dibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira, ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.
  10. Hal lain yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan, ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya, ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.
  11. Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri-menteri nya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sudah dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri nya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal seperti itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.
  12. Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut. Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden? Presiden Iran tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawalnya yangg selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut koran Wifaq, foto-foto yg diambil oleh adiknya tersebut, kemudian dipublikasikan oleh media masa di seluruh dunia, termasuk Amerika.
  13. Sepanjang sholat, ia tidak duduk di baris paling muka
  14. Bahkan ketika suara azan berkumandang, ia langsung mengerjakan sholat dimanapun ia berada meskipun hanya beralaskan karpet biasa
  15. Saat mempunyai Hajatan Besar Yaitu Menikahkan Puteranya. Tapi pernikahan putra Presiden ini hanya layaknya pernikahan kaum Buruh.
  16. Ahmadinejad rela menjual mobil nya(Peudeot 504 tahun 1977) untuk dilelang untuk disumbangkan ke  Mehr Housing Plan yang menjalankan program pemerintah yang bergerak di bidang ketersediaan hunian layak bagi masyarakat kecil di negerinya. Mobil itu berhasil terjual seharga $2,5juta (sekitar Rp 21M)
Semoga Artikel ini dapat mengubah pola pikir generasi akan datang sehingga ada yang mengikuti jejak kesederhanaan presiden Irak tersebuk, agar tidak adanya keributan dan kecemburuan sosial di dalam kehidupan bermasyarakat.
saya ucapkan terimakasih yang telah mau membaca artikel ini semoga menjadi motivasi kalian ia
About these ads