kali ini saya akan share buat teman-teman yang pengen baca dan mencari info tentang tumbuhan kaktus yang dapat hidup di padang pasir

Tumbuhan kaktus biasa tumbuh di daerah padang pasir yang panas dan kering. Di daerah padang pasir, dalam sehari bids turun hujan dalam jumlah yang banyak sekali. Namun kemudian diikuti dengan musim kering yang panjang. Pasti timbul pertanyaan di benak kalian semua kan Bagaimana sih cara tumbuhan menyesuakan diri dengan keadaan di padang pasir yang jarang hujan tersebut ?

Ketika hujan turun, kaktus menyerap air sebanyak mungkin. Kaktus mempunyai satu akar yang lurus panjang masuk jauh kedalam tanah dan akae-akar samping yang banyak menyebar. Akar-akar ini mengisap air hujan sebelum air itu menguap.

Kemudian air yang telah terhisap di dalam batangnya yang sangat gemuk. Batang kaktus dilindungi oleh kulit yang tebal untuk mengurangi kehilangna air karena penguapan. Setelah hujan turun batang kaktus membengkak. Dan dimusim kering, perlahan-lahan batang kaktus mengerut kembali ketika airnya telah terpakai. Kandungan air dalam batang kaktus dapat mencukupi kebutuhan kaktus selama dua tahun musim kering.

Daun-daun kaktus yang sebenarnya adalah duri-duri pada batang kaktus. Duri-duri ini mempunyai permukaan yang kecil sehingga mengurangi kehilangan air karena penguapan. Selain itu, duri juga melindungi kaktus dari hewan-hewan yang ingin merusak lapisan tahan airnya.

semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang lagi nyari info seputar tumbuhan kaktus ia🙂